Kamis, 28 Februari 2013

PPWI MAMUJU BERENCANA GELAR REKOR MURI SPANDUK TERPANJANG DAN FESTIVAL BUDAYA TRADISIONAL


 Foto : detikfoto 

Mamuju hari ini Kamis 28/2/2013 - Sudah kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Mamuju 3 tahun yang lalu telah memecahkan rekor MURI untuk panjat pinang terbanyak di Indonesia, pemecahan rekor muri ini patut kita acungin jempol karena biaya yang tidak sedikit itu rupanya   berasal dari kerja sama Pemda Kabupaten Mamuju  dan partisipasi masyarakat Mamuju.

Dalam rangka rencana  pelantikan pengurus PPWI Kabupaten Mamuju kami juga berencana mengadakan Festival kesenian tradisional yang kemudian dirangkaikan dengan Pemecahan Rekor Muri untuk spanduk terpanjang di Indonesia, perlu diketahui bahwa Rekor Muri untuk Spanduk saat ini dipegang oleh Honda Revo Club Indonesia (HRCI) membentangkan spanduk berkonsep kampanye tertib lalu lintas. Pembentangan spanduk sepanjang 2 km ini mendapatkan Rekor Museum Rekor Indonesia ( MURI ) pada pertengahan bulan Juli 2011 yang lalu. ( DATA detikfoto " Rekor Muri untuk spanduk terpanjang "

Kami telah membuat Draf profosal untuk kedua kegiatan ini dengan estimasi dana  sekitar 100 jutaan Rupiah saja cukup sederhana untuk sebuah hasil yang akan dicapai, tergantung sejauh mana partisipasi Pemerintah Daerah, dan masyarakat utamanya para donatur dan para dermawan untuk ikut  berpartisipasi dalam event tersebut.

Mungkin ada baiknya kami sampaikan sekilas tentang maksud daripada Festival kesenian tradisional singkatnya begini "

Kekayaan budaya dan nilai-nilai luhur yang diwariskan nenek moyang bangsa ini, sungguh luar biasa benar. Tetapi sayangnya, di masa perkembangan informasi dan teknologi yang kian pesat; warisan budaya tersebut kian luntur dan lama-kelamaan musnah; bahkan tak terdengar lagi asal muasalnya. Salah satunya tari dan buadaya tradisional yang dulu sempat menjadi buah bibir dan kebanggaan warga bangsa ini; kini telah mulai menghilang dari ranah budaya masyarakat. Ia secara perlahan-lahan tapi pasti, mulai tersisihkan oleh berbagai tontotan serbapop ataupun pertunjukan modern yang lebih mengedepankan pada bisnis, orientasi pada kapitalistis serta budaya budaya yang tak mengacu pada adat ketimuran.


Ada beberapa makna strategis yang terkandung dalam seni budaya tradisional yang rencana akan kami gelar dengan bekerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya:
  • Mempunyai makna sosial di mana masyarakat Mamuju masih mempercayai bahwa jiwa kesenian rakyat sangat berperan dalam diri mereka seperti egalitarian, spontanitas dan rasa memiliki dari setiap jenis seni rakyat yang muncul..
  • Mengandung makna komersial, karena Budaya tradisional  mampu meningkatkan kesejahteraan mereka, yang dapat memicu antusiasme munculnya sejumlah puluhan  kelompok Seni budaya tradisional  dari berbagai desa untuk ikut festival, menunjukan peluang parawisata mendapatkan tempat di Kabupaten Mamuju..
  • Tersurat makna spiritual, dipercaya oleh masyarakat lingkungannya untuk keselamatan/ (slametan) atau syukuran dan semacamnya.
Sedang rencana pemecahan rekor muri untuk spanduk Thema dan tujuannya akan ditentukan kemudian sesuai dengan kesepakatan dengan Pihak-pihak yang berkompeten.
Demikian terima kasih dan Salam Citizen Journalisme.

MAMUJU, 28 Pebruari 2013
KETUA PPWI KABUPATEN MAMUJU PRIODE 2012-2017
 ttd
MUHAMMD NUR
                                    
Sebagai Penutup terimalah lagu Indah Oleh Richard Marx ini Dia Lagunya :



3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide atau gagasan juga memerlukan pemikiran dan pendalaman, jadi jangan sampai ide yang kita tuangkan menjadi inspirasi dengan mudah dicomot oleh Orang lain tanpa izin. hmmmm

      Hapus