Jumat, 15 Februari 2013

SANGGUL IBU BUPATI

 Oleh : MUHAMMAD NUR

 
Foto : parasdewi.com 

Para Pembaca mungkin semua sudah faham Fashion model rambut Syahrini Artis penyanyi yang terkenal hingga ke mancanegara itu dari waktu ke waktu, tampaknya Syahrini tak akan berhenti. memperkenalkan trendsetter model rambutnya, setelah tampil dengan jambul katulistiwa, jambul terowongan Casablanca dan jambul gorong-gorong Sudirman, saat ini mempersiapkan jambul yang melebihi tinggi tugu Monas barangkali.

Sebelum lanjut dengarkan lagu Tak pernah padam Sandy Sandoro by Youtube

Biarlah Syahrini terus berpacu dengan waktu terus berkarya dan menampilkan kreasi-kreasi rambut barunya yang unik dan menarik dipergunjingkan oleh masyarakat penggemarnya, kali ini Saya ingin menuliskan pengalaman pribadi dan memang terjadi di Negeri sendiri ( maksudnya kota sendiri ) Mamuju Ibukota Provinsi Sulawesi Barat masih ada hubungannya dengan style rambut yaitu biasa disebut masyarakat di Mamuju sebagai Konde, ya... tentang Sanggul Ibu Bupati yang juga sangat terkenal dan dikenal oleh kaum Ibu-Ibu di Kota Mamuju. Maaf Ibu Bupati, Saya tidak  bermaksud jelek atau Lips servis dengan menuliskan Artikel tentang Ibu, Ini kenyataan dan kita tak boleh lari dari kenyataan.

Sebagai Penulis yang mantan birokrat serta setelah pensiun bergabung bersama Partai Politik, dipastikan nyaris tak punya ide penulisan yang bisa membuat masyarakat tertarik untuk membacanya, tulisan-tulisan yang bisa trend dan mendapatkan sambutan hangat dari  pembaca saat ini adalah tulisan atau Artikel yang menulis tentang prilaku Orang orang terkenal, melakukan kritik tajam atau auto kritik yang biasanya ditujukan kepada Birokrat dan Politisi bermasalah yang tak mungkin Saya lakukan karena Saya ini kan Mantan Birokrat yang jadi Politisi masa jeruk makan jeruk.

Sebagai Orang yang hobby menulis tentu Saya akan memilih tulisan yang aman tapi menarik untuk dibaca dan ini salah satunya, nyata true story :

Ceritanya begini suatu hari beberapa waktu yang lalu datang seorang wanita setengah baya yang menawarkan baju muslim, Mukena ( Jilbab ) dan sanggul yang sudah jadi berikut aksesorisnya kepada isteri Saya. Kebetulan waktu itu Saya ada di rumah, sedang serius membongkar-bongkar jualannya Beliau bercoloteh tentang Konde yang terbuat dari kain warna hitam dan dibagian tengahnya diisi dengan bahan yang menyerupai Konde Dia menyebutnya sebagai Konde Ibu Bupati.

Mendengar penjelasan Saang Penjual  Isteri Saya langsung tertarik dan meraih Konde  Ibu Bupati dan langsung mengenakannya, sangat mudah nampaknya tak perlu berlama-lama didepan kaca menata rambut hingga sejam atau 2 jam, karena harus disasak, disemprot menggunakan Hair Sprey yang merusak Ozon,  cukup dengan memakai Konde tersebut seperti ketika Ibu-Ibu memakai Jilbab atau mukena hanya 2 kali atau 3 kali gerakan dengan jedah waktu antara 1 sampai 2 menit sanggul sudah terpasang dengan mantap diatas kepala. 

Beberapa Orang Ibu-Ibu tetangga sebelah rumah datang dan ikut nimbrung selain isteri Saya ada beberapa Orang Ibu-Ibu yang ikut membelinya, kalau belum punya uang Cash barang-barang yang diedarkan oleh Ibu penjual bisa dibeli dengan Kredit, untuk 1 set Konde Ibu Bupati tetntu termasuk kudung dan aksesorisnya harganya hanya Rp. 110.000, sedang kalau hanya menginginkan Konde Ibu Bupati hanya Rp. 35.000,- per buah, entahlah kalau melalui kredit.

Karena penasaran ingin mengetahui mengapa Konde tersebut diberi nama Konde Ibu Bupati, Saya lalu menanyakan kepada Sang Penjual dari mana memperoleh ide pemasaran dengan melibatkan nama Ibu Bupati ?

Dia Jawab memang itu namanya Pa, Ibu-Ibu menamainya Konde Ibu Bupati  begitu Pa ? katanya sambil tersenyum.

Tapi mengapa ? Saya semakin penasaran, yang dijawan Isteri Saya " mungkin karena Konde Ibu Bupati yang agak tinggi dan dibalut jilbab mirip dengan konde ini !. Saya hanya bisa manggut-manggut dan tertawa.

Wah kalau begitu harus ada izin dan pembagian keuntungan untuk nama yang menjadi merek dagang ! Kata Saya,  Ibu-Ibu yang hadir disitu tertawa,  Wah kasian Pa kata Ibu-Ibu cuman berapa untungnya timpalnya. Isteri Saya yang tergoda dengan merek dagang langsung mengambil 2 buah, diiukti oleh para tetangga, hari itu sekitar 4 atau 5 Buah Konde yang laku, kemarin anak Saya yang kedua juga memesan Konde tersebut lewat Isteri Saya, mungkin tertarik dengan merek dagang yang ditawarkan penjual ataukah memang membutuhkannya ?!

Penampilan yang menarik walau terkesan sederhana Ibu Bupati Mamuju Hj.Harsina Suhardi hampir menyerupai penampilan  Ibu Jokowi Isteri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Iriana Widodo, terkenal dengan cara berpakaian dan berpenampilan sederhana, sering ikut suami blusukan ke Daerah-daerah disekitar , Jakarta  Menggunakan seragam Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Iriana melakukan pembinaan kepada anggota PKK membagikan bantuan kepada RW, Kelurahan, Kecamatan di Jakarta dimana sumainya bertugas, Walau sama tapi tak serupa ?! Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar