Kamis, 21 Maret 2013

KENAPA JABATAN PERLU DILELANG ?

Ditulis oleh : Muhammad Nir  OKT

Lelang Jabatan yang sekarang ini telah  diganti dengan Istilah baru dan kata yang lebih bagus kedengaran Promosi terbuka merupakan ide dan gagasan Jokowi / Ahok untuk jabatan Lurah dan Camat di DKI Jakarta, Lelang Jabatan diadakan dengan maksud agar  kinerja Pemprov DKI bisa lebih efektif.

Lelang jabatan di DKI ditangani oleh lembaga independen yang kredibel, mengingat pengangkatan pejabat pada umumnya berdasar pada kedekatan emosional dan kekerabatan dengan pejabat yang mengangkatnya, dengan lelang jabatan menggunakan regulasi dan kriteria yang harus dimiliki oleh Calon pendaftar niscaya kinerja aparat birokrasi akan lebih meningkat.


Menurut Pa Jokowi diperkirakan kegiatan ini akan rampung sekitar bulan Mei atau Juni 2013 yang akan datang. Meskipun belum ada jadwal pasti kapan pelaksanaan Lelang jabatan namun dapat dipastikan pelaksanaan akan dilakukan melalui tes terbuka

Pemerintah  Daerah Provinsi Banten di kabarkan akan mengikuti langkah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dalam melakukan lelang jabatan secara terbuka. Sistem ini adalah mekanisme untuk menawarkan suatu jabatan bagi mereka yang merasa memiliki kemampuan.

TEMPO.CO hari ini Senin (19/3/2013 ) memberitakan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan di Banten "  Lelang jabatan eselon bertujuan agar semua pegawai mendapatkan kesempatan sama. Selain itu, tindakan ini untuk memberikan kesempatan kepada pegawai dari luar Banten yang memiliki kemampuan dan ahli di bidangnya untuk ikut mendaftar."Lelang jabatan akan dilihat dan dikaji dari berbagai sisi, jika semuanya memungkinkan, maka akan dilakukan," kata dia.

Bu Gubernur juga mengatakan, sepanjang SDM pegawai di Banten memungkinkan, proses lelang akan mengutamakan pegawai yang ada.Lelang Jabatan tentu akan dikaji dengan melihat komposisi Pegawa Yang ada di Daerah, SDM dan  keahlian bidang apa yang sangat dibutuhkan dan tidak terdapat didalam komposisi PNS yang dimiliki untuk mendapatkan peningkatan akselerasi peningkatan kinerja mencapai tujuan yang direncanakan adalah salah satu solusi  terbaik adalah melalui Lelang Jabatan.

Kalau Ada yang bertanya mengapa Jokowi perlu melakukan Lelang Jabatan ? Maka Jawabnya tentu karena kelemahan dari pelaksanaan Pembangunan terletak pada Birokrat, sekali lagi Birokrat yang kurang mampu menterjemahkan kebijakan Pembangunan yang telah disepakati bersama berakibat pada tidak efektif dan efisien Pembangunan yang sedang digalakkan..

Kalau Pemerintah Daerah Banten sudah akan mengikuti Jejak Jokowi dalam melakukan Lelang Jabatan secara terbuka, Saya rasa Daerah lain juga bisa meniru ide ini kalau ingin lebih maju dari sebelumnya.****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar