Kamis, 24 September 2015

JENDERAL BINTANG DUA WANITA PERTAMA INDONESIA LAKSAMANA MUDA CHRISTINA MARIA RANTETANA, SKM, MPH

 Christina Rantetana ( Foto Efbe ).

Laksamana muda TNI ( Pur ) Christina Maria Rantetana, SKM, MPH Dari kesatuan Korps Wanita TNI Angkatan Laut yang lahir di Makale Kabupaten Tanah Toraja Prov. Sulawesi Selatan pada tanggal 24 Juli 1955 adalah Wanita Pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara yang bisa menyandang pangkat Laksamana Muda TNI Angkatan Laut kalau di Angkatan Darat sama dengan Jenderal bintang dua Mayor Jenderal itu diterimanya pada Juni 2013 saat menjabat sebagai Wanita Pertama yang menjadi Staf Ahli Bidang Idologi dan Konstitusi Kementrian Hukum Politik dan Keamanan.

Ibu Christina Rantetana Sebagai Wanita pertama yang berpangkat Laksamana Muda,  juga adalah Wanita Pertama yang mengikuti Sekolah Staf dan Komando ( SESKO ) diluar Negeri, yaitu ROYAL AUSTRALIAN NAVAL STAF COURSE Di Sydnei, Anggota Kowal pertama yang ditugaskan sebagai Anggota DPR RI priode 1997 - 1999, 1999 - 2004, Wanita Pertama yang menjadi Direktur Sekolah Kesehatan Angkatan Laut, Anggota Kowal pertama yang mengikuti pendidikan S.2 Di Tulane University New Orleans Amerika Serikat dimana Beliau mendapat gelar MPH dalam bidang Kesehatan Masyarakat.


Kariernya di Kowal dimulai ketika pada tahun  1979 mengikuti program Sekolah Perwira Sukarela TNI Angkatan Laut. Riwayat Pendidikan Umum Ibu Christina Pendidikan SD diselesaikan pada tahun 1968 di SDN Sampean Mengkendek Tanah Toraja, SMP Katolik Minanga pada tahun 1971, dan SMA Katolik yang sama di  Tanah Toraja pada tahun 1974 lalu melanjutkan ke Makassar yang dulu bernama Ujung Pandang di Akademi Perawat Umum ( D.3 ) Lulus tahun 1978, setelah itu melanjutkan ke UI  Jakarta tepatnya di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan meraih gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat ( SKM ) Pada tahun 1987.

Laksamana Muda TNI ( Purn ) Christina Maria Rantetana istri dari Bapak Ir. Cosmas S. Birana dan Ibu dari 5 anak ini telah memasuki purnabakti sebagai prajurit TNI AL, namun demikian kiprahnya sebagai prajurit TNI yang pernah bertugas di berbagai jabatan sebagai wanita pertama patut diapresiasi oleh para prajurit bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya.****

Diolah dari wikipedia Indonesia ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar