Jumat, 20 Mei 2016

MENGANALISIS PELUANG PA SDK DALAM KAJIAN PILGUB SULBAR

OPINI  : MUHAMMAD NUR OKT




Mari kita amati sebaran Pemberitaan dalam ruang lingkup Provinsi Sulawesi Barat, menurut hemat penulis DR. H. SUHARDI DUKA, MM ( PA SDK ) menguasai sekitar 60 - 70 % pemberitaan dan Promosi ( Iklan ) Banner/ foto  sebagai Kandidat Gubernur Provinsi Sulbar pada Pilkada 2017 melalui Media Cetak, Online, dan terbanyak di Sosial Media. Pa SDK adalah kandidat yang paling getol turun ke Desa sekitar 100 Desa atau lebih telah Beliau kunjumgi dalam 3 bulan terakhir dalam  melakukan Konsolidasi Organisasi dan Sosialisasi Pencalonan dirinya sebagai The Next Gubernur Sulbar.


Berdasarkah hasil pengamatan dan kajian sederhana apabila Pilgub diadakan sekarang ini maka Bpk. DR. H. SUHARDI DUKA, MM ( PA SDK ) akan sangat berpeluang memenangkan Pilgub Sulbar dibanding nama yang lainnya.

Menurut hemat penulis ada beberapa faktor yang membuat Pa SDK lebih unggul bila dibandingkan dengan Nama yang lain  , sebagaimana kita ketahui bersama bahwa selama 3 - 4 bulan Pa SDK melakukan Ekspose besar-besaran baik melalui media massa berupa pemberitaan, dan pemasangan banner di kolom surat kabar , dan terbanyak di media sosial,  atau ajang Silaturakhmi   yang melibatkan masyarakat secara langsung di 100 Desa atau lebih diseluruh penjuru Provinsi Sulawesi Barat yang sampai tulisan ini diposting masih sedang berlangsung di Kabupaten Mamasa. 

Hal tersebut efektif untuk meningkatkan popularitas sekaligus elektabilitas Pa SDK ,   terlihat dari Pemberitaan tentang SDK di media massa  paling banyak di medsos tiga bulan terakhir secara berturut- turut , Penulis belum menghitung secara pasti  berapa banyak berita yang diekspos melalui Media Cetak, Online dan Media Sosial , yang jelas jauh lebih banyak dibandingkan beberapa Nama lainnya.




Apabila  dilihat dari sebaran Pemberitaan dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Barat , sebagaimana Penulis sebutkan diperkirakan sekitar 60 - 70 %  masih dikuasai Oleh Pa SDK dibanding nama lain,  selain pada lingkup Daerah, Ekspose Pa SDK lewat Media Sosial Blog, Facebook, Twitter , dan Youtube sudah menyebar menyeluruh diseluruh Indonesia itu dapat dibuktikan lewat partisipasi kawan-kawan diseluruh Indonesia berupa Pesan, Gambar, Komentar,  Tweet dan vidio dukungan kepada kandidat Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat Bpk. DR. H. Suhardi Duka, MM.




Sebagai Pengamat Politik kampungan karena memang orang kampung, tinggal di Kampung dan bergaul dengan Orang kampung, Analisis sederhana Penulis ini bukanlah Rekayasa Politik Walau diakui Penulis punya kepentingan Politik di Kontestasi Pilgub 2017 sebagai Pengurus Partai yang punya tugas mencari peluang dan meminimalisir tantangan Pa SDK menuju kursi 01 Sulbar secara bersama dengan Pengurus dan simpatisan Partai Demokrat lainnya di seluruh Penjuru Sulawesi Barat, namun dalam soal tulisan penulis berupaya berada di Posisi Netral ( Believe it or Not ) Boleh Percaya Boleh Tidak .***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar