Rabu, 28 November 2018

BUBUR JAGUNG KHAS GORONTALO YANG BIKIN NAGIH ITU BERNAMA BINTE BILUHUTA

Binte Biluhuta Sumber foto : Pesona Indonesia ( Viva.co.id )

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Provinsi Gorontalo yang bertetangga dekat dengan Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Sulawesi Tengah ini merupakan salah satu daerah penghasil jagung yang memiliki kwalitas tinggi,  terbesar di Indonesia.

Jagung asal Gorontalo selain sebagai komoditi ekspor rasanya manis sehingga banyak kuliner khas Gorontalo yang terbuat dari Jagung dan salah satu kuliner tradisional yang mampu membuat lidah bergoyang adalah Binte Biluhuta yang biasa disebut Orang sebagai Milu Siram atau sup jagung adalah kuliner yang memiliki kua khas masyarakat Gorontalo.

Saya kutip dari laman www.viva.co.id /gaya-hidup/kuliner Binte Biluhuta adalah sejenis Sup jagung dengan kua bening, campuran ikan atau udang. Binte Biluhuta memiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas. Paling enak disantap selagi masih hangat.

Menarik sungguh sangat menarik Binte Biluhuta dikabarkan selain enak juga bisa tumpas kolesterol jahat. Menurut asal katanya Binte atau milu dalam bahasa Indonesia artinya jagung sedang Biluhuta artinya disiram kalau digabungkan Binte dan Biluhuta artinya Jagung yang disiram. Karena berbahan dasar jagung makanan ini mampu menghancurkan kolesterol , khususnya kolesterol jahat ( LDL ) dalam tubuh.

Dikatakan bahwa kandungan karetenoid, biovlafonoid, dam Vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh khususnya Kolesterol jahat ( LDL ).

Binte Biluhuta menurut sumber selain jagung sebagai bahan pokoknya, kuliner asal Gorontalo ini juga menggunakan bahan utama lainnya, ikan tuna, cakalang, tenggiri dan udang sehingga tak heran kalau rasanya segar dan gurih serta sangat cocok disantap saat cuaca dingin terutama bagi yang sedang Flu atau Filek.

Cara penyajian Binte Biluhuta menurut sumber beda dengan sup-sup lainnya. Pada saat masakan ini disajikan menurut sumber, bumbu-bumbu itulah yang membuat rasanya berbeda seperti Cabe rawit, daun pepaya yang membuat rasa pahit yang khas, serta  daun jeruk nipis yang ditempatkan pada wadah yang terpisah.

Jika menginginkan rasa pahit tambahkan sup ini dengan irisan tipis daun pepaya campurkan kedalam sup. Begitu pula jika anda ingin menikmati Binte Biluhuta dengan rasa asam yang tajam tambahkan perasan jeruk nipis. Hasilnya menakjubkan rasa kuah yang asam segar berpadu dengan rasa manis jagung dan harum kemangi. Meskipun menggunakan bahan utama ikan, kuliner khas Gorontalo ini tidak berbau atau terasa amis karena bau amis tersebut tertutupi oleh rasa asam, pahit dan pedas.

Menu kuliner Binte biluhuta menurut sumber sangat mudah didapatkan di Provinsi Gorontalo. Bahkan bisa dikatakan hampir sebagian besar tempat makan menawarkan menu ini. Dari resto besar hingga warung- warung sederhana menawarkan makanan khas Binte Biluhuta atau Milu Siram **

" Sumber Asli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar