Rabu, 05 November 2014

CANGGIHNYA PESAWAT KEPRESIDENAN YANG AKAN DIGUNAKAN PRESIDEN PA JOKOWI KE MAMUJU ?!

 Opini Disusun Oleh : MUHAMMAD NUR OKT - MAMUJU,
 dari Sumber- sumber  terpercaya.

 Pesawat Kepresidenan Sumber / Foto : www.waspada.co.id

Insya Allah Presiden Pa Jokowi akan mengunjungi  Provinsi Sulawesi Barat pada hari  Kamis tanggal  6 Nopember 2014 tentu setelah mengunjungi Provinsi Sulawesi Selatan, ada kemungkinan Pa Presiden akan menggunakan Pesawat " GARUDA RI.1 " berjenis Boeing Business Jet 2 Green, buatan pabrikan Boeing di Seattle Amerika Serikat untuk datang ke Mamuju. Harga pesawat canggih ini USD 91,2 juta, dengan kurs saat itu nilainya sekitar Rp 820 miliar. 

Pesawat Kepresiden Indonesia yang dipesan ke Amerika Serikat pada  tahun 2012 baru  selesai dan tiba di Tanah Air pada Awal Oktober 2014, Pesawat kepresidenan  dioperasikan oleh skuadron 17 Halim PK. yang selama ini mengelola penerbangan VVIP untuk pemerintah dan TNI AU.  Pada saat Pa Jokowi ke Medan mengunjungi pengungsi Sinabung beberapa hari yang lalu Beliau menggunakan pesawat canggih ini.

Pesawat Kepresidenan Indonesia  ini  dilengkapi dengan   Interior mewah,  tempat tidur, fasilitas ruang rapat, kamar mandi lengkap dengan shower. Panjang Pesawat ini  39,5 meter, rentang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter, dan diameter 3,73 meter. dengan kapasitas bahan bakar 39.539 liter, kalau  pesawat biasa tankinya cuma satu. Pesawat kepresidenan ini dikabarkan memiliki 6 buah tangki Bahan Bakar, karena itu  mampu terbang 10-12 jam atau sekitar 10.334 kilometer, melintasi benua dan Samudra dengan kecepatan   maksimal 0,85 mach di ketinggian 41.000 kaki.

Menurut Spesifikasinya  pesawat Kepresidenan ini mampu  mendarat di bandara yang kecil  , dengan   peralatan navigasi, komunikasi dan security sistem yang canggih, memungkinkan Pesawat canggih ini untuk Landing di Bandara Tampapadang . Hampir sama dengan pesawat Wing Air yang melayani penerbangan Mamuju - Makassar , Pesawat canggih ini memiliki kapasitas maksimal 70 orang. 


Dikutip dari  " Harian Andalas. Com "  TNI menyebutkan bahwa TNI AU menyebut pesawat Kepresidenan RI memiliki spesifikasi keamanan yang canggih. Boeing Business Jet-2 yang didominasi warna biru itu mampu mendeteksi rudal atau peluru kendali yang mendekat.
"Dalam aspek security, jika ada ancaman peluru kendali pesawat ini memiliki sensor sehingga memberikan warning untuk langkah selanjutnya," kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI IB Putu Dunia.

Letkol (Pnb) Firman, salah satu perwakilan TNI AU yang ikut dalam penerbangan dari AS tersebut mengatakan, pesawat Kepresidenan RI bisa mengetahui juga keberadaan pesawat lain. Radar yang dipasang di dalamnya sangat canggih. Sayangnya, burung besi itu tak punya fungsi perlawanan.


Semoga pesawat Kepresidenan Indonesia ini bisa landing di Bandara Tampapadang dan masyarakat Mamuju bisa menyaksikan pesawat canggih ini walau hanya dari kejauhan ***

Diolah dari berbagai sumber ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar